Jumat, 23 September 2011

MPASI untuk bayi 6 bulan


MPASI kepanjangannya Makanan Pendamping ASI. Bayi sudah mulai diperkenalkan makanan pendamping setelah berusia 6 bulan. Karena tujuannya untuk mengenalkan, maka pemberiannyapun dimulai dari sedikit dulu, berangsur-angsur ditambah porsinya. Mulai makanan yang enceerrr bangettt, perlahan-lahan mulai ditambah kekentalannya.

Saya akan mencoba berbagi kepada ibu2 baru (baru punya anak 1 :D) yang sedang mempersiapkan pemberian makan untuk babynya.
Waktu usia 6 bulan, menu MPASI Azmi seperti tulisan di bawah (AZMI Makan Pertama Kali) dibuat dengan pola 10 hr pertama karbohidrat, 10 hari kedua sayuran dan 10 hari berikutnya perkenalan buahan.

10 Hari pertama: pengenalan karbohidrat
Saya memakai tepung gasol, memakai varian beras merah wangi, beras coklat dan kacang ijo. Setiap pengenalan makanan baru, baby diperkenalkan dengan 1 jenis makanan dulu yang diberikan 3-4 hari berturut-turut. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah baby alergi terhadap makanan yang diberikan tsb.

10 hari kedua: pengenalan sayuran
Saya memperkenalkan sayuran kabocha, zucchini dan buncis. Sama seperti karbohidrat, sayuran juga diberikan 1jenis dulu yang diberikan 3-4 hari untuk mengetahui ada alergi atau tidak.

10 hari selanjutnya: pengenalan buahan
Sayuran yang saya perkenalkan adalah apel, papaya, pisang dan apel. Saya seperti karbohidrat dan sayuran, buahan juga diperkenalkan 1 jenis dulu selama 3-4 hari, setelah itu baru diganti dengan jenis yang lain.

Cara memasak

Bubur  Tepung beras Gasol organic (1 porsi)
Campur tepung gasol (20 gr )dengan air (200 ml), diaduk2 sampai rata. Setelah itu dimasak diatas api,aduk2 rata. Tunggu sampai mendidih. Setelah itu baru diencerkan dengan menambah ASI (disesuaikan saja dengan kebutuhan). Selanjutnya disuapin ke babynya .

Puree Kabocha
Kupas kabocha kemudian potong-potong, kukus sampai matang, kemudian disaring memakai saringan kawat. Setelah itu baru ditambahkan ASI untuk mengencerkan. Pada umumnya, bayi sangat menyukai kabocha karena rasanya yang manis.
Banyak yang bertanya kabocha itu apa siy? Saya juga baru tau setelah mencari-cari sayuran untuk bayi 6 bulan, dan kabocha itu ternyata labu hehe..Ini pic nya (hasil browsing):

Puree Zucchini
Kupas Zucchini kemudian dipotong-potong, kukus sampai matang, kemudian disaring memakai saringan kawat. Setelah itu baru ditambahkan ASI untuk mengencerkannya. Zucchini juga sangat disukai bayi karena rasanya yang manis. Dibandingkan kabocha, zucchini lebih mengandung air sehingga ASI yang dipakai untuk mengencerkan tidak sebanyak menu sebelumnya.
Nama zucchini ini pun baru saya denger ketika mempersiapkan MPASI 6 bulan, dan ternyata zucchini itu  mentimun :P. Ini picnya (hasil browsing):


Puree Buncis
Buncis dibersihkan dari seratnya, potong kecil2 kemudian dikukus. Setelah itu disaring dengan saringan kawat. Menyaring buncis memerlukan usaha yang lebih daripada menyaring kabocha dan zucchini karena teksturnya lebih kasar dibandingkan kabocha dan zucchini. Setelah disaringm baru diencerkan dengan ASI.

Puree Apel
Apel merah dikupas, kemudian dikukus, setelah itu disaring dengan saringan kawat, baru ditambah ASI untuk mengencerkannya.
Untuk buahan yang teksturnya keras seperti pir, cara membuatnya sama dengan puree apel di atas. Sedangkan untuk yang bertekstur halus, bisa langsung dihaluskan dengan saringan kawat.

Semoga bisa membantu :)



3 komentar:

  1. hemm makasih infonya, kebetulan saya sedang mencari cara mengolah zuchini. btw zuchini walo bentuk seperti timun, tapi termasuk keluarga labu bun.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya, ternyata zucchini masuk keluarga labu hehehe..
      cara mengolahnya simple aja ko bun, udah nyoba? biasanya bayi suka krn manis :)

      Hapus
  2. Zucchini itu terong Italy bun..kabocha itu labu jepang

    BalasHapus