Senin, 23 Juli 2012

Membawa bayi ke masjid susah ga ya?


AZMI berusia 21 bulan saat ini, masih masuk kategori bayi (katanya penggolongan bayi s/d anak berusia 2 tahun). Sudah 3 malam ini kami mengajaknya ke masjid untuk sholat tarawih. Malam pertama, AZMI sudah rewel dari sebelum berangkat, tapi kami mencoba tetap membawanya. Dan memang benar, baru saja sholat Isya selesai, AZMI sudah menangis lagi. Akhirnya saya tidak meneruskan aktivitas di masjid. Sesampai di rumah, AZMI langsung minta minum, ternyata dia ngantuk makanya rewel banget.

Malam kedua, AZMI terlihat ceria di rumah, ketika ditanya mau ikut ke masjid, dia langsung bilang “ituut”. Kami coba lagi membawanya ke masjid, dan Alhamdulillah, AZMI anteng selama sholat sampai selesai. Mukanya terlihat bingung campur antusias memperhatikan jamaah-jamaah yang sholat. Lucu sekali melihatnya. Begitu juga tadi malam, AZMI masih tenang di masjid. Semoga malam-malam selanjutnya juga selalu tenang.

Tips buat para Ibu yang mau membawa bayinya ke masjid:
  • Liat situasi bayi, apakah dalam keadaan good mood atau sedang bad mood. Pengalaman malam pertama AZMI yang rewel, ternyata dia dalam kondisi ngantuk sehingga rewel dibawa.
  • Lihat dengan siapa anak lebih tenang, dengan ayahnya atau dengan ibunya. Kalau AZMI, lebih anteng dengan abinya, kalau dengan saya dia cenderung lebih banyak “gaya” :D
  • Sediakan mainan atau sejenisnya yang bisa menjadi pelepas rasa bosannya. Kalau AZMI cukup dengan mainan kunci, dompet dan Al Qur’an yang membuatnya sibuk bermain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar